Salam dan bahagia ibu dan bapak guru
Selamat datang di modul mendidik dan mengajar
Modul ini terdiri dari beberapa materi yang akan kita pelajari bersama kali ini kita akan membahas materi mendidik menyeluruh berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara agar kita dapat memahami gagasan-gagasan Ki Hajar Dewantara mengenai tujuan pendidikan nasional ibu dan bapak guru pemahaman terhadap kata pendidikan dan pengajaran kadang masih membingungkan penggabungan istilah tersebut dapat mengaburkan pengertiannya pengajaran adalah suatu cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin maka pengajaran merupakan salah satu bagian dari pendidikan Sama halnya dengan mengajar yang merupakan salah satu bagian dari pendidik sementara pendidikan adalah tempat menaburkan benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat sekaligus sebagai instrumen tubuhnya unsur peradaban agar kebudayaan yang kita wariskan kepada anak cucu kita di masa depan Dewantara mendefinisikan pendidikan sebagai tuntunan yaitu tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid maka mendidik adalah menuntun segala kodrat yang ada pada murid agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik itu sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat ibu dan bapak guru murid diciptakan sebagai makhluk yang memiliki kodrat untuk mereka hidup dan tumbuh pendidikan tidak dapat menentukan dan berkehendak akan hidup tubuhnya murid yang bisa pendidik lakukan adalah menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan-kekuatan itu dengan mengerahkan segala daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti pikiran dan jasmani murid agar dapat memperbaiki perilakunya bukan dasar hidup dan tubuhnya itu layaknya seorang petani yang menanam padi Ia hanya dapat menuntun tubuhnya padi mengusahakan kondisi yang terbaik agar Padi dapat tumbuh sesuai dengan konsepnya petani mungkin dapat memperbaiki keadaan tanaman padinya atau bahkan menghasilkan tanaman padi yang lebih besar daripada tanaman padi yang tidak dipelihara bagaimanapun ikhtiar yang terbaik yang dilakukan oleh petani untuk tubuhnya padi tidak akan dapat membuat tanaman padi itu tumbuh menjadi tanaman jagung atau tanaman lainnya seperti itulah Peran pendidik yang bisa menuntun agar kulit bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan produknya pendidikan Tidak hanya berbentuk pengajaran yang memberikan pengetahuan kepada murid tapi juga mendidik keterampilan berpikir mengembangkan kecerdasan batin dan pada akhirnya murid dapat melancarkan hidup untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan ibu dan bapak guru ilmu dan pengetahuan sangat diperlukan sebagai bagian dari pendidikan sebagai kunci untuk mengasah keterampilan berpikir memajukan kecerdasan batin dan melancarkan kehidupannya oleh karenanya pendidikan pikiran atau intelektual nulis sebaiknya dibangun setinggi-tingginya seluas-luasnya dan selebar-lebarnya agar murid dapat mewujudkan trik kehidupan lahir dan batin dengan sebaik-baiknya sebagai pendidik kita perlu cermat dalam menempatkan pendidikan pikiran murid sesuai dengan konteks pendidikan nasional berdasarkan garis-garis mangsanya atau kultural nasional yang akan melengkapi mempertajam dan memperkaya pendidikan keterampilan berpikir setiap Murid memiliki kekuatan-kekuatan yang memerlukan tuntunan orang dewasa menuntun potensi murid bertujuan agar Iya semakin baik andanya dan untuk mendapatkan kecerdasan yang luas sehingga ia terlindungi dari pengaruh-pengaruh yang dapat menghambat bahkan melemahkan tubuhnya potensi atau kekuatan ini ada murid yang tidak memiliki kesempatan mendapatkan urutan yang baik sehingga Ia cenderung tidak dapat menumbuhkan dan mengembangkan kekuatan atau potensinya dengan ada juga murid yang mendapatkan tuntunan dengan baik namun kekuatan atau potensinya tidak dapat tumbuh atau berkembang karena adanya pengaruh yang membatasi tubuh kembangnya potensialnya sebagai orang dewasa kita dapat berupaya membangun dan menjaga suasana lingkungan yang produksi Agar setiap murid dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan produknya seumpama dua garis yang saling tarik menarik dan saling mempengaruhi yang pada akhirnya berkunjung menjadi Dua garis itu adalah garis dasar yang menggambarkan potensi dari murid dan garis keadaan yang menggambarkan kesempatan untuk berkembang kedua garis ini saling berhubungan yang menurut ilmu pendidikan disebut konvergensi buah dari tuntunan kepada murid adalah berkembangnya akal budi murid yang mendorong terciptanya kebudayaan kemudian bangsa yang menjadi ciri khas dan dasar perubahan zaman di tengah-tengah kebudayaan negara lain membuat kita kadang-kadang khawatir akan tergerusnya kebudayaan kita meskipun adat istiadat atau kebiasaan di masyarakat berubah karena akal budi manusia juga berkembang kemudian bangsa Indonesia akan tetap ada menjadi pilar utama dalam memajukan pendidikan nasional contohnya kebudayaan gotong royong membersihkan dan menghias kelas serta sekolah yang melibatkan murid dapat menumbuhkan karakter dan kecakapan sosial emosional guru dapat memberikan praktek pembelajaran yang mengembangkan kerjasama empati menghargai sesama dan berkontribusi sosial kepada Jepang Sehingga mungkin dapat menemukan dan terbengkali dengan kebudayaan bangsa yang jika terus-menerus ditumbuhkan Maka kebudayaan bangsa akan semakin kuat dan tentu saja akan membantu murid atas kehidupan dan kehidupannya dan yang paling utama dan yang paling penting yang dapat membantu keberlangsungan hidup sebagai bangsa Indonesia Lalu bagaimana dengan pembelajaran di kelas kita saat ini apakah kita sudah mendidik anak dengan menyeluruh atau mungkin kita hanya sebatas mengajar Mari kita refleksikan bersama-sama salam dan bahagia ibu bapak guru hebat
Beri Komentar